Home » Kunjungan Akademik Mahasiswa S2 MPI Pada Lambaga Pendidikan Islam Tertua di Indonesia

Kunjungan Akademik Mahasiswa S2 MPI Pada Lambaga Pendidikan Islam Tertua di Indonesia


Kunjungan Akademik Mahasiswa Program Studi S2 Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan lampung bertujuan menambah wawasan mahasiswa tentang Lembaga Pendidikan Islam. pada tahun 2019 ini, kunjungan akademik dilaksanakan di Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang, Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek, dan IAIN Batu Sangkar, kedua lembaga ini berada di Propinsi Sumatera Barat.

Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek diawalai dari Syekh Ibrahim Musa Parabek membuka pengajian Halaqah sekembali dari menuntut ilmu di Makkah selama 9 tahun, pasca wafatnya Syekh Ibrahim Musa didirikan Yayasan Syekh Ibrahim Musa (YASIM) yang diketahui oleh H. Abdul Munir Dt.Palindih pada tahun 1963. kunjungan ini memberikan pencerahan tentang peran Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia.

Perguruan Diniyyah Puteri merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia, didirikan pada tanggal 1 November 1923 bernama Almadrasatud Diniyyah Lil Banaat (Sekolah Diniyyah Puteri) oleh Bunda Rahmah El Yunusiyyah. Lembaga Pendidikan Islam ini didirikan sebelum Indonesia merdeka yaitu di masa kolonialisme Belanda. Alumni Lembaga Pendidikan Islam ini telah banyak berkontribusi terhadap kemajuan Pendidikan di Indonesia. sambutan dalam kunjungan akademik ini diberikan oleh Prof.Dr.H.Nadirman Haska, APU, M.Sc, sedangkan sambutan dari UIN Raden intan diwakili oleh Wakil Direktur Pascasarjana Dr. H. Jamal Fakhri, M.Ag

Lanjutan dari kunjungan akademik ini, adalah pada Lembaga Pendidikan Tinggi Islam di Pascasarjana IAIN Batu Sangkar, kunjungan akademik ini sekaligus ditandatanganinya Memorandum of Agrement (MoA) antara Ketua Prodi S2 MPI UIN Raden Intan Dr. Hj. Yetri, M.Pd di dampingi oleh Dr. Juhaety, M.Ag dengan Ketua Prodi IAIN Batu Sangkar Dr. Hj. Demina, M.Pd. utamanya MoA ini adalah kerjasama dalam kegiatan seminar nasional. (AT)